Guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, Ichwan Arif SS MHum, punyai langkah unik dalam membimbing tulisan narasi pendek (cerpen) pada siswanya.
“Latihan menulis teks narasi pendek butuh dilaksanakan dengan langkah simpel serta menyenangkan. Tidak hanya diperlukan kapabilitas gagasan serta imajinasi, siswa ikut perlu stimulasi unsur berbeda, ” tukasnya pada PWMU. CO, Kamis (12/9/18) .
Baca juga : struktur cerpen
Karena itu lahirlah langkah estafet ketika menulis teks cerpen. Dalam langkah ini ada dua group putra-putri yg dikasihkan peluang 15 menit mau bikin narasi lewat cara estafet.
“Menariknya, dalam langkah ini siswa dituntun miliki gagasan serta imajinasi yg kuat dalam menambahkan kalimat yg udah dibikin temannya, ” tutur Arif, sesudah proses evaluasi.
Simak juga : cerpen singkat
Baca Ikut : Main Tebakan Bahasa Inggris, Kalah Muka Dibedaki atau Makan Mi Pedas
Jadi awalan, sambungnya, siswa tak diberitahu topik narasi. “Selain itu kalimat pertama bakal saya beri, seterusnya siswa yg melanjutkan berubah menjadi narasi, ” tuturnya.
Arif menyatakan, kendati umumnya siswa dapat menyusun narasi sesuai sama idenya, namun lewat cara susunan mesti menenuhi prasyarat jadi teks cerita. Yakni, tujuan, serangkaian momen, komplikasi, serta resolusi.
Semasing anggota group siap-siap menambahkan tulisan cerpen. (Heny/PWMU. CO)
Empat perihal ini pula, lanjutnya, mesti dapat tercermin dalam narasi yg dibikin oleh siswa. Terkecuali itu, sistematis, kebulatan kalimat serta paragraf juga mesti miliki koherensi yg kuat hingga narasi dapat utuh.
“Menarik, kita dikasih satu kalimat seterusnya mesti dapat membuat narasi yg menarik, ” papar Muhammad Irfan Fadhila, siswa Kelas IX, sesudah proses belajar.
Ia memberikan, di pembuatan narasi pertama, terdapat banyak yg tak menyambung serta banyak kata hubung yg sama. “Tetapi pada proses evaluasi ke-2, sehabis proses pelajari, ada perbaikan. Narasi tambah bagus dari susunan atau gagasan ceritanya, ” tukasnya.
Soal seirama ikut diungkapkan Syahrilla Naswa Alamsyah Putri. Menuturnya, langkah estafet narasi ini dapat menopang dalam proses belajar menulis teks narasi pendek. “Bagaimana bikin gagasan narasi, pembawaan tokoh, latar, dan amanat yg ada di dalam narasi itu, ” tuturnya
“Latihan menulis teks narasi pendek butuh dilaksanakan dengan langkah simpel serta menyenangkan. Tidak hanya diperlukan kapabilitas gagasan serta imajinasi, siswa ikut perlu stimulasi unsur berbeda, ” tukasnya pada PWMU. CO, Kamis (12/9/18) .
Baca juga : struktur cerpen
Karena itu lahirlah langkah estafet ketika menulis teks cerpen. Dalam langkah ini ada dua group putra-putri yg dikasihkan peluang 15 menit mau bikin narasi lewat cara estafet.
“Menariknya, dalam langkah ini siswa dituntun miliki gagasan serta imajinasi yg kuat dalam menambahkan kalimat yg udah dibikin temannya, ” tutur Arif, sesudah proses evaluasi.
Simak juga : cerpen singkat
Baca Ikut : Main Tebakan Bahasa Inggris, Kalah Muka Dibedaki atau Makan Mi Pedas
Jadi awalan, sambungnya, siswa tak diberitahu topik narasi. “Selain itu kalimat pertama bakal saya beri, seterusnya siswa yg melanjutkan berubah menjadi narasi, ” tuturnya.
Arif menyatakan, kendati umumnya siswa dapat menyusun narasi sesuai sama idenya, namun lewat cara susunan mesti menenuhi prasyarat jadi teks cerita. Yakni, tujuan, serangkaian momen, komplikasi, serta resolusi.
Semasing anggota group siap-siap menambahkan tulisan cerpen. (Heny/PWMU. CO)
Empat perihal ini pula, lanjutnya, mesti dapat tercermin dalam narasi yg dibikin oleh siswa. Terkecuali itu, sistematis, kebulatan kalimat serta paragraf juga mesti miliki koherensi yg kuat hingga narasi dapat utuh.
“Menarik, kita dikasih satu kalimat seterusnya mesti dapat membuat narasi yg menarik, ” papar Muhammad Irfan Fadhila, siswa Kelas IX, sesudah proses belajar.
Ia memberikan, di pembuatan narasi pertama, terdapat banyak yg tak menyambung serta banyak kata hubung yg sama. “Tetapi pada proses evaluasi ke-2, sehabis proses pelajari, ada perbaikan. Narasi tambah bagus dari susunan atau gagasan ceritanya, ” tukasnya.
Soal seirama ikut diungkapkan Syahrilla Naswa Alamsyah Putri. Menuturnya, langkah estafet narasi ini dapat menopang dalam proses belajar menulis teks narasi pendek. “Bagaimana bikin gagasan narasi, pembawaan tokoh, latar, dan amanat yg ada di dalam narasi itu, ” tuturnya
Komentar
Posting Komentar