Langsung ke konten utama

Inilah Penyebab Anggaran Infrastruktur Capai Rp 415 Triliun di APBN 2019

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menyepakati Perancangan Undang-Undang Biaya Penghasilan serta Berbelanja Negara (APBN) Tahun Biaya 2019 jadi Undang-Undang (UU) Nomer 12 tahun 2018 mengenai APBN 2019 pada 31 Oktober 2018.

Dalam APBN 2019, pemerintah ikut sediakan biaya infrastruktur untuk menguatkan pembangunan hingga memberi dukungan konektivitas, penyediaan perumahan serta ketahanan pangan. Biaya ini pula dikerjakan melalui pembiayaan kreatif akselerasi penuntasan infrastruktur.

Pemerintah tingkatkan biaya infrastruktur jadi Rp 415 triliun pada 2019 dari prospek 2018 sebesar Rp 410,4 triliun.

Jejeran Project Infrastruktur yang Dibuat Jokowi di 2019
Tujuan pembangunan infrastruktur 2019 diantaranya pembangunan jalan sampai 1.834,7 km. (KM). Diluar itu pembangunan jembatan sampai 37.177 mtr. (m).

Pemerintah ikut bangun Jalan Tol Trans Sumatera lewat PT Hutama Karya dengan panjang 299 km. Lalu pembangunan jalan tol sekitar 16 project pada 2019 dari periode 2018 ada 12 project.

Biaya infrastruktur ikut untuk bidang perumahan. Pemerintah bangun perumahan untuk penduduk berpendapatan rendah (MBR) dengan KPR Sejahtera/FLPP sampai 68,9 ribu unit rumah pada 2019 dari periode 2018 sebesar 50 ribu unit. Diluar itu ikut untuk bangun rumah susun sekitar 6.873 unit pada 2019.

Biaya infrastruktur ikut untuk meneruskan pembangunan bendungan sekitar 48 unit. Lalu jalan kereta api selama 394,8 km, mengakhiri bandara baru di empat tempat, serta bangun jaringan irigasi sekitar 170,4 ribu hektar.

Panorama project Light Rail Transit (LRT) Jabodebek lintas service dua rute Cawang-Dukuh Atas di lokasi Kuningan, Jakarta, Senin (18/6). Diprediksikan pembuatan project akan kembali diawali selesai libur cuti bersama dengan Lebaran.

Awal mulanya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menyepakati Perancangan Undang-Undang Biaya Penghasilan serta Berbelanja Negara (APBN) Tahun Biaya 2019 atau dimaksud RAPBN 2019 jadi undang-undang.

Kesepakatan itu dikatakan lewat Rapat Paripurna yang diselenggarakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 31 Oktober 2018.

Dari pantauan merdeka.com, bahasan RUU APBN 2019 diawali semenjak jam 12.00 WIB diawali dengan penyampaian pandangan fraksi. Mengenai rapat ini di pimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.

Baca Juga: Angka Romawi

"Apa tiap-tiap fraksi menyepakati RUU APBN 2019 mengenai anggapan makro ikut penghasilan serta dan berbelanja negara tahun 2019 jadi undang-undang?," bertanya Agus pada anggota DPR dalam Rapat Paripurna.

Artikel Terkait: pengertian anggaran

Dengar pertanyaan itu, Anggota DPR juga dengan serentak mengatakan gagasannya yang menyepakati postur APBN 2019 itu. Dengan begitu 10 fraksi menyetujui RUU APBN 2019 jadi undang-undang.

"Sepakat," jawab anggota DPR dengan kompak.

"Terima kasih," sahut Agus sekalian mengetok palu menandai kesepakatan.

Dalam peluang itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan terima kasih untuk tiap-tiap proses pengaturan RUU APBN 2019 hingga memperoleh persetujuan. Karena, dalam penyusunannya RUU APBN sendiri telah lewat proses yang panjang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Dia Teknologi Wall Precast Concrete Hadir di SAVASA

Teknologi dalam membangun rumah kini semakin canggih. Mulai dari bahan baku, kayu merupakan primadona pada arsitektur rumah di masa lampau. Untuk temboknya sendiri beberapa rumah pun menggunakan papan kayu. Bahkan kayu dapat digunakan untuk lantai. Misalnya rumah panggung yang masih dapat kita temui di beberapa lokasi di Bengkulu. Namun ada juga yang mengombinasikan kayu dengan bata merah sebagai dinding maupun bilik yang terbuat dari bambu. Ini diadopsi oleh sebagian besar rumah di Indonesia. Meskipun saat ini bata merah sudah sulit dijumpai dan mulai tergantikan dengan bata ringan. Teknologi Wall Precast Concrete Hadir di SAVASA Rumah modern yang menggunakan bata merah atau bata ringan Adalah PT. Panahome Deltamas Indonesia (SAVASA), developer yang cukup berani melakukan gebrakan dalam membangun rumah. Tanpa kayu, jumlah bata merah yang digunakan pun sangat sedikit, selain itu proses pengerjaannya pun cepat. Lalu bagaimana mereka membangun rumah? Baca Juga:  bata ringan Wulang Nu

Simak Yuk Idealnya Kamar Tidur Ada Kamar Mandinya

Atas alasan kepraktisan, kamar tidur kini dilengkapi kamar mandi. Tidak cuma kamar utama, kamar anak, dan kamar tamu pun juga banyak yang dilengkapi kamar mandi. Punya kamar mandi di dalam kamar tidur memang lebih praktis. Kamu tidak perlu keluar dari kamar tidur ketika ingin berganti pakaian. Ini bisa dilakukan setelah keluar dari kamar mandi. Faktor pendorong lainnya adalah kemudahan ketika kamu atau anak-anak ingin buang air di tengah malam. Apalagi anak-anak seringkali takut keluar kamar sendiri saat gelap. Baca Juga:  pintu kamar mandi Namun, ada risiko negatif dari kamar tidur yang dilengkapi kamar mandi, seperti kamar menjadi lembap, bau menyebar ke kamar tidur, atau pemandangan tak sedap saat berbaring di tempat tidur. Bagi kamu yang percaya pada Feng Shui, risiko efek negatifnya bisa lebih banyak lagi. Ada beberapa hal yang bisa kamu antisipasi, ini caranya. Sebaiknya Kering Kamar mandi di dalam kamar tidur, sebaiknya pilih kamar mandi kering. Artinya, kamu perlu menyedi

Inilah Tips untuk Melihat Kualitas Bangunan Yang Baik

Sebagai kebutuhan primer yang mahal, membeli rumah memang tidak boleh sembarangan. Salah langkah, Anda bisa menyesal kemudian hari. Ini bukan menakuti Anda, sebab sudah banyak hal buruk terjadi akibat pembelian rumah yang kurang cermat. Faktor kenyamanan dan keamanan merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah rumah, selain dari sisi estetika dan kelengkapan surat-surat. Jangan sampai, sudah beli rumah dan baru menempatinya Anda keluar banyak uang untuk renovasi. Kalau memang rumah second atau bekas yang Anda beli, sudah pasti banyak hal yang harus diperiksa mulai dari usia bangunan, struktur dan spesifikasi bangunan secara menyeluruh hingga kelengkapan surat. Membeli rumah baru dan inden juga tidak boleh luput dari ketelitian. Sebab, ada saja segelintir oknum kontraktor nakal yang kerap menurunkan spesifikasi atau mengirit bahan bangunan. Alhasil, kualitas bangunan rendah dan tak sesuai seperti yang dijanjikan. Baca Juga:  harga besi hollow 1. Usia bangunan Ini ban